Tentang Kami

Jajanan Tradisional di Indonesia, dikenal dengan banyak hal, seperti kerajinan batik yang sangat indah, pantai tropis, dan makanan jalanan, yang merupakan bagian integral dari budaya makanan kita.

Dengan lebih dari 18.000 pulau digabungkan, ada masakan yang berbeda di setiap pulau, sampai ke provinsi. Namun, kesamaan kami sebagai penduduk asli adalah kecintaan kami terhadap jajanan kaki lima dan aneka cemilan tradisional. Berikut sekilas makanan menggoda yang tidak boleh Anda lewatkan.

Jajanan Tradisional di Indonesia

dodol

Siapa tahu Indonesia punya kubus karamel versi mereka sendiri? Dodol adalah penganan seperti permen yang terbuat dari aren. Segera setelah Anda memakannya, bersiaplah untuk merasakan teksturnya yang manis, lengket, kental, meleleh di mulut Anda, mirip dengan karamel. Dodol biasanya disajikan selama musim Ramadhan dan hari raya Idul Fitri sebagai permen untuk anak-anak Muslim.

Martabak

Martabak adalah kue dadar isi tebal yang bisa dinikmati dengan bahan manis atau gurih. Meskipun martabak gurih populer di negara-negara Asia lainnya, martabak manis adalah merek dagang Indonesia dan rasa yang harus Anda coba. Banyak vendor lokal telah mengambil langkah selanjutnya dan membuat martabak beludru merah manis.

Tahu Isi dan Tempe Goreng

Camilan favorit saya saat tumbuh dewasa adalah tahu isi dan tempe goreng. Tahu isi adalah tahu goreng yang diisi dengan tauge, wortel parut, daun bawang, dan daging cincang. Saya suka makan cabai hijau utuh di samping untuk lebih banyak tendangan. Di sisi lain, tempe goreng adalah tempe yang diiris tipis-tipis. Anda tidak bisa salah dengan memuaskan camilan sehari-hari.

Kue Lapis

Camilan warna-warni dan berlapis ini akan mencerahkan hari Anda. Kue lapis adalah sejenis puding tepung beras kering. Jajanan kukus ini biasanya memiliki dua warna alternatif per lapis dengan menggunakan pewarna makanan. Kunci membuat kue lapis adalah kesabaran; setiap lapisan ditambahkan satu demi satu secara perlahan agar warna tidak tercampur.

lemper

Camilan ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan daging ayam atau ikan cincang di tengahnya. Cara membuat lemper mirip dengan membuat sushi; Anda menggulungnya, kecuali menjadi daun pisang untuk lemper dan lembaran rumput laut panggang untuk sushi. Yang membuatnya istimewa adalah penggunaan jinten, ketumbar, dan daun jeruk purut untuk isiannya serta santan untuk ketannya, memberikan rasa gurih dan gurih pada snack ini.

klepon

Kaum modernis menyebut jajanan ini “onde-onde”, padahal sebenarnya sama saja. Bola-bola lontong hijau ini diisi dengan gula aren cair dan dilapisi dengan serpihan kelapa tipis. Teksturnya menyerupai mochi yang kenyal dan rasanya biasanya manis.

Jenang

Jika Hong Kong punya sagu mangga, Indonesia punya jenang. Jenang adalah istilah umum untuk jenis bubur pencuci mulut yang menggunakan santan sebagai bahan dasarnya. Ada berbagai macam jenang, seperti jenang mutiara (mutiara sagu merah muda yang direndam dalam santan dengan daun pandan), jenang grendul (bola ketan yang dibuat dengan gula merah dalam santan), dan jenang abang (bola ketan yang dibuat dengan gula merah). dalam santan).

serabi

Orang Indonesia sangat menyukai santan. Serabi adalah camilan manis lainnya yang menggunakan bahan penting. Itu dibuat menggunakan tepung beras, daun pandan, gula kelapa dan tentu saja, santan dan biasanya diberi sirup gula atau taburan cokelat. Ini adalah pancake tradisional versi kami. Tepinya yang kecoklatan renyah sementara bagian dalamnya super lembut, penuh aroma kelapa dan sedikit rasa pandan.

pisang goreng

Apa yang tidak disukai dari buah-buahan tropis? Pisang goreng secara harfiah diterjemahkan menjadi goreng pisang goreng, yang cukup banyak menjelaskan dirinya sendiri. Itu digoreng menggunakan tepung dan ekstrak vanila ditambahkan untuk meningkatkan rasanya secara keseluruhan.

kue pukis

Memiliki alias “kue pai”, kue pukis lembut, dibuat dengan santan. Bentuk tradisionalnya setengah lingkaran dan bagian bawahnya yang kecoklatan berasal dari cetakan nampan kue pukis asli. Teksturnya tidak dapat disangkal lembut namun sedikit kenyal, Anda akan meminta lebih dari satu. Variasi isian snack ini ada yang plain, taburan coklat leleh, selai, atau keju didalamnya.

Bikang Ambon

Sering disebut dengan kue sarang lebah Indonesia, seseorang bisa mencampur tepung tapioka, telur, gula, ragi, sedikit garam, dan santan, lalu panggang hingga bagian luarnya berwarna cokelat keemasan. Rasanya manis namun entah mengapa asin. Rasa lain, seperti durian, keju, atau cokelat, sering ditambahkan untuk mencampurnya.

Kerupuk

Meskipun ini yang terakhir dalam daftar ini, itu pasti bukan yang paling sedikit untuk ditawarkan. Kerupuk hanyalah kerupuk goreng yang terbuat dari tepung kanji dan bahan penyedap lainnya. Rasa kerupuk yang paling umum adalah udang dan ikan. Ini memiliki rasa asin yang berbeda yang membedakannya dari kerupuk lain yang dapat Anda temukan dari negara lain. Anda harus mencobanya untuk mengetahui apa yang saya bicarakan.

Sekarang setelah Anda mengenal daftar jajanan tradisional Indonesia yang tidak lengkap ini, giliran Anda untuk mencobanya sendiri. Pesan tiket pesawat Anda hari ini, atau paling tidak, mulailah menabung.

Onde Onde

Berbeda dari onde-onde versi Sumatera dan Malaysia (yang sebenarnya klepon, kurang lebih), onde-onde tradisional, juga dikenal sebagai jian dui dalam bahasa Cina, adalah makanan ringan Indonesia yang terbuat dari tepung ketan, diisi dengan cincang hijau.

Kacang dan dilapisi dengan biji wijen. Jajanan yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima di seluruh nusantara ini merupakan adaptasi dari resep jian dui Cina. Rasa gurih dari lapisan luarnya dan isian kacang hijau yang dihaluskan akan memuaskan lidah Anda. Cara membuatnya juga mudah karena semua bahannya bisa didapatkan di toko terdekat.