Makanan Khas Jawa Tengah dan Asalnya

12 Makanan Khas Jawa Tengah dan AsalnyaMakanan Khas Jawa Tengah dan Asalnya adalah kumpulan beberapa hidangan yg dapat kalian nikmati dimana saja di restoran Indonesia.

Ada banyak jajanan dan kue daerah asli jateng. jajanan dari jateng tersebut mempunyai bentuk yg sederhana tapi cita rasanya menggoda selera.

Sayangnya ada beberapa cemilan yang sulit untuk di jumpai, karena penjajanya semakin berkurang dan di saingi oleh cemilan modern. Dan jika kalian tertarik dengan artikel kami yg lain, kalian dapat kunjungi dengan link Hidangan Murah Asli Bali. Dan berikut tersebut merupakan beberapa Makanan Khas Jawa Tengah yang paling terkenal dan mempunyai cita rasa yg luar biasa.

Makanan Enak Khas Jawa Tengah dan Asalnya

1. Lumpia Semarang

Makanan Khas Jawa Tengah Semarang tersebut terdiri dari kulit dan isi. Kulit lumpia di bikin dari adonan tepung terigu, putih telur, air, dan bumbu dalur. Adonan tersebut kemudian didadar menjadi lembaran tipis.

Lumpia biasanya di hidangkan bersama saus bercitarasa manis gurih dan cabai rawit serta bawang merah muda. Kalian juga harus mengetahui bahwa lumpia memiliki dua jenis makanan seperti lumpia kering dan juga lumpia basah. Yang membedakan antara kedua jenis lumpia tersebut adalah kulit yang di pakai untuk sajiannya.

Agar dapat menikmati makanan khas jawa tengah semarang seperti lumpia yang telah botentik, kalian harus mengunjungi kota tersebut. Dijamin keluarga di rumah tak menyesal mencicipi jajanan asli Semarang satu tersebut.

2. Getuk goreng sokaraja

Getuk satu tersebut berasal sari Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Dan Getuk goreng pada awalnya ditemukan oleh Sanpirngad pada 1918. Suatu hari, dagangan yang ia jual tidak laku sam sekali, walaupun begitu ia menyayangkan bahwa ia harus membuang dagangannya tersebut. Lalu ia mencoba memutar otak agar gethuk sisa yang tidak terjual tersebut dapat di makan dan di jual kembali.

Getuk goreng masih banyak dijual dan menjadi hidangan daerah asli Sokaraja yg terkenal sampai saat ini. Gethuk terbuat dari ketela rebus atau singkong yg dihaluskan hingga lembut. Kemudian adonan gethuk tersebut diberi pewarna hidangan berbagai rasa. Saat di hidangkan, gethuk akan diberi taburan kepala parut yg telah dikukus sebelumnya.

Selain gethuk basah, ada juga gethuk goreng. Seperti namanya, gethuk jenis tersebut melalui proses penggorengan. hidangan asli daerah Sokaraja, Banyumas tersebut mempunyai cita rasa manis dan gurih yg didapat dari campuran gula merah.

3. Kue leker

Kue leker memiliki arti dalam bahasa Belanda yang memiliki arti “sedap” dan di buat dari bahan tepung terigu dengan kombinasi bahan lainnya. Adonan tersebut kemudian di olah dengan cetakan yg berbentuk seperti wajan kecil dan diberi pisang serta gula dan cokelat di tengahnya.

Alat yang di gunakan untuk membuat leker ini membuat jajanan seperti leker memiliki rasa yang gurih dengan pinggiran yang kriuk – kriuk. Sementara bagian tengahnya tidak terlalu renyah dengan rasa yg manis.

4. Cabuk rambak

Sajian satu tersebut tidak mempunyai cita rasa yg manis melainkan guruh. Cabuk rambak adalah hidangan asli dari Kota Solo yg mulai langka. Hidangan yang satu ini di bikin menggunakan ketupat nasi yang di potong tipis dan di berikan sambal pecel yang biasa di sebut dengan cabuk, dan di berikan tambahan karak.

Karak adalah sejenis kerupuk yg terbuat dari nasi kering dan blengi. Sambal cabuk di bikin dari wijen yg dicampur dengan kemiri dan kelapa parut.

5. Enting-enting gepuk

hidangan ringan tersebut di bikin dari kacang, gula pasir, glukosa, dan sirup prambozen. Enting-enting gepuk adalah makanan khas jawa tengah dari Kabupaten Salatiga.

6. Molen Tawangmangu

Molen dari tawangmangu merupakan hidangan asli yang dapat kalian temukjan di tawangmangu dengan mudah, tawangmangu merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten karanganyar yang terletak di kaki gunung lawu. Molennya mempunyai ukuran yg besar dibanding dengan molen di kawasan lainnya.

7. Roti ganjel rel

Roti dengan nama unik adal Semarang tersebut mempunyai tekstur yg padat dan sangat mengenyangkan. Nama hidangan ringan tersebut memang terdengar aneh di telinga, tidak seperti nama hidangan pada umumnnya.

Sebagian masyarakat Semarang menyebut roti ganjel rel dengan roti gambang karena bentuknya juga dianggap mirip alat musik daerah gambang.

8. Serabi

Serabi adalah hidangan asli dari Kota Solo. Untuk Serabi di bikin dari adonan tepung terigu yg dicampur dengan tepung beras dan santan. Secara daerah, serabi di olah menggunakan cetakan yg terbuat dari gerabah dan di olah menggunakan anglo.

Penggunaan cetakan dari gerabah dan anglo dengan bahan bakar arang tersebut memberikan rasa asli pada serabi. Saat ini, banyak penjual makanan tersebut yang memberikan berbagai variasi sebagai topingnya, ada yang menggunakan pisang, coklat, keju, kismis, dan masih banyak lagi. Di wilayah Sunda, hidangan sejenis serabi dikenal dengan nama surabi.

9. Wingko babat

Wingko babat adalah hidangan ringan yg identik dengan Kota Semarang. Sajian ringan yg berbentuk bulat pipih dengan rasa yg manis legit tersebut terkenal dijual di kawasan simpang lima dan di sekitar Stasiun Tawang Semarang.

Meski menjadi jajanan yg identik dengan Kota Semarang. Akan tetapi sebenarnya jajanan seperti wingko babat merupakan cemilan yang dgapat di temukan di daerah Babat yang merupakan sebuah desa kecil terletak di Lamongan Jawa Timur.

10. Meniran

Meniran di bikin dari menir atau yg disebut pecahan beras yg di olah bersama santan. Awalnya ditemukannya sajian tersebut bermula dari proses memasak beras.

Sebelum di masak pada umumnya beras akan di pisahkan dengan menggunakan tampah agar beras yang hancur terpisah dari beras yang masih utuh. Jajanan yg dibungkus dengan daun pisang tersebut, sekarang sudah jarang ditemui di pasar daerah.

11. Nasi Liwet

Makanan khas jawa tengah yg wajib dicoba pertama yakni nasi liwet. Surakarta atau Solo ternyata juga mempunyai hidangan daerah nasi liwet.

hidangan berat tersebut di hidangkan dengan nasi dan diberi potongan ayam gurih. Tak ketinggalan, nasi potongan ayam tersebut juga disiram oleh sayur labu siam. Untuk nasinya, di proses dengan cara memasak mirip nasi uduk seperti biasanya.

nasi liwet bisa di temukan dengan mudah di daerah surakarta maupun solo. Tak susah untuk mencarinya. karna, nasi liwet pada umumnya di tawarkan di warung – warung tenda di pinggir jalan. Meski begitu, jangan ragukan soal rasanya ya.

12. Nasi Gandul

Namun, nasi gandul tersebut tidak ada unsur bahan dari pepaya sama sekali loh. Hanya saja, hidangan daerah tersebut di hidangkan dengan daun pisang. Nasi gandul di hidangkan dengan nasi putih dan kuah segar. SEjumlah menu pendamping yang dapat di hidangkan bersama nasi gandul seperti daging sapi olahan terbaik.

Ingin mencicipi nasi gandul? hidangan daerah tersebut berasal dari Pati, jateng. Sehingga akan lebih mudah menemukan nasi gandul bila kalian berkunjung ke Pati. Dan nasi gandul adalah salah satu Makanan Khas Jawa Tengah yang paling terkenal.