List Makanan khas Palembang

List Makanan khas Palembang

11 List Makanan Khas Palembang Yang Enak Dan Rasanya Juara

Tiap wilayah di Indonesia pasti mempunyai makanan uniknya semasing, diantaranya ialah makanan ciri khas Palembang yang memikat untuk dicoba.

Kesempatan ini kami akan bawa kamu sedikit jauh ke Pulau Sumatra, persisnya di wilayah Palembang. Siapakah yang menduga bila Palembang simpan macam makanan ciri khas yang membangkitkan hasrat?

Baca Juga: Tempat Makan Nikmat di Jakarta

Hidangan makanan ciri khas palembang dapat membuat beberapa perantau asli palembang kangen akan kampuang halamannyo.Dengan ciri-ciri uniknya Anda akan mendapati suatu hal yang membahagiakan pada makanannya yakni seperti berikut :

Krupuk Kemplang

Krupuk ini ialah oleh-olehan ciri khas Palembang yang dibuat dari tepung sagu dan ikan yang telah dikeringkan. Dengan rasanya yang renyah dan gurih memang jadi daya pikat buat beberapa pelancong untuk mengantarnya pulang selaku oleh-olehan. Camilan ciri khas Palembang ini jadi rekan yang pas bila dikonsumsi dengan sambal pedas.

Jadi opsi oleh-olehan yang banyak dibawa karena benar-benar ringkas serta lebih enteng tentu saja, hingga bisa mempermudah pelancong atau beberapa orang yang bertandang dalam kepentingan apa saja untuk mengantarnya ke desa halaman sesudah habiskan waktu di Palembang.

Pempek Palembang

Pasti banyak orang yang mengenali mengenai makanan ciri khas Palembang satu ini, bahkan juga Anda bisa juga mendapatinya dengan gampang di beberapa wilayah yang lain di Indonesia. Kecuali bahan landasan tepung sagu dan ikan yang dipakai didalamnya ditambah telur selaku pendamping salah satunya tipe pempek. Pendamping dari pempek ini ialah sauce cuka yang dibikin secara eksklusif.

Sekarang ini mulai banyak dibikin macam dan kreativitas pempek yang ditambah beberapa bahan yang lain seperti tahu sampai udang bahkan juga mempunyai bermacam warna bagus yang telah ditegaskan aman untuk dimakan, jadi Anda mempunyai banyak sekali opsi tentu saja dengan cita-rasa menarik dari produsen pempek itu.

Martabak HAR

Sesungguhnya ini ialah nama rumah makan yang berada di Palembang dengan hidangan intinya ialah martabak. Benar-benar pada intinya sama juga dengan martabak sayur yang lain, tetapi ada keunikan cita-rasa tertentu yang tidak dapat Anda dapatkan pada martabak yang lain. Umumnya martabak ini dihidangkan bertepatan dengan olahan kambing dan kecap cabai selaku pendampingnya hingga munculkan rasa yang nikmat untuk dicicipi.

Untuk Anda yang ada di wilayah Jakarta tak perlu cemas sebab rumah makan ini telah ada cabang di situ hingga tak perlu jauh kembali untuk dapat rasakan enaknya martabak HAR ini. Sama dengan martabak yang lain, Anda dapat pilih di antara memakai telur bebek atau telur ayam, tentu saja dengan rasa mengagumkan yang unik.

Mie Celor

Olahan mie satu ini dihidangkan dengan kuah santan yang kental dengan bumbu uniknya ini sesungguhnya menjadi makanan ciri khas Palembang yang cukup populer di sejumlah daeah yang lain. Kecuali memakai kuah santan, olahan mie ini menambah pendamping lain untuk menambahkan cita-rasa yakni potongan telur, daun bawang, udang, tauge, bawang goreng, seledri dan beberapa potongan daging ayam. Anda akan rasakan rasa yang unik dan nikmat berlainan dengan olahan mie yang lain.

Kue Lapis Maksuba

Kue lapis ciri khas Palembang namanya maksuba ini sepintas sama juga dengan kue lapis biasanya atau bolu koju. Tetapi yang lain ialah tingkat kehalusan dibagian tengahnya sebab dibuat dari telur bebek dan susu kental manis.

Dengan formasi bahan yang pas jadikan kue lapis ini jadi jajanan yang paling disukai oleh orang sekeliling Palembang dan pelancong. Untuk makanan yang ini benar-benar Anda harus tiba ke Palembang supaya bisa coba rasakan rasa sensasi menariknya.

Tekwan

Hampir serupa dengan pempek, tekwan ini dibuat dari tepung sagu dan ikan selaku bahan dasarnya. Bedanya tekwan ini dihidangkan dengan pendamping kuah udang, bawang goreng, seledri, jamur kuping, daun bawang dan bihun.

Tentu saja rasa kuah udang yang renyah akan lengkapi olahan tepung sagu yang rasanya hampir serupa dengan pempek selaku rasa sensasi unik untuk Anda peroleh di Palembang. Tekwan ini akan benar-benar nikmat bila dikonsumsi saat panas di cuaca yang cukup dingin.

Kue Lumpang

Kue ini adalah salah satunya tipe jajanan basah Palembang dengan keunikan wujud yang serupa seperti lumpang yang umum dipakai selaku perlengkapan dapur. Teksturnya yang kenyal dan empuk membuat kue ini dapat dicicipi oleh siapa, apa lagi plus tambahan parutan kelapa di atasnya kecuali mempermanis memberi rasa renyah pada kue itu.

Kelapa parut itu telah terlebih dahulu dikukus dengan memakai tambahan garam, hingga benar-benar tidak cemplang dan jadi sisi yang membuat rasanya jadi makin memikat. Kemungkinan untuk orang Jawa nyaris serupa dengan klepon, namun isian dan memiliki bentuk berlainan.

Mode

Salah satunya makanan ciri khas Palembang ini jadi tujuan rekreasi kulineran yang perlu Anda coba waktu lagi ada di situ. Sesungguhnya untuk didalamnya sendiri sama dengan tekwan dan pempek sebab memakai bahan yang sama yakni tepung sagu dan ikan.

Tetapi ada dua tipe mode yang dapat Anda coba yakni mode ikan dan gandum. Bahan pendamping yang lain hampir serupa dengan tekwan namun ditambah kementimun, begitupun dengan kuah udang yang digabungkan pada makanan ini yang tentu saja dengan beberapa bumbu pendamping yang lain membuat cita-rasa mengagumkan.

Es Kacang Merah

Es ini umumnya jadi rekan yang pas untuk makan pempek. Dengan nikmati dua makanan ciri khas Palembang ini karena itu Anda akan betul-betul berasa ada di Palembang seutuhnya. Anda tak perlu cemas sebab es kacang merah ini dapat diketemukan dengan gampang di beberapa wilayah di Palembang. Dimulai dari pedagang kaki lime sampai rumah makan banyak juga yang jual es kacang merah ini.

Celimpungan

Tetap dengan bahan landasan berbentuk tepung sagu dan ikan, sisi khusus dari celimpungan ini dibikin dengan wujud bundar gepeng dan sedikit semakin besar dari isian tekwan. Perbedaannya dengan tekwan, celimpungan ini memakai kuah santan selaku pendampingnya yang memakai bumbu berbentuk kunyit, bawang putih, bawang merah, daun salam, garam dan lada.

Laksan

Kemungkinan untuk Anda yang bukan orang Palembang asli masih cukup asing dengan makanan ciri khas Palembang yang ini. Masih memakai bahan tepung sagu dan ikan yang kemungkinan sepintas memiliki bentuk hampir serupa dengan pempek lenjer.

Tetapi bedanya berada pada kuah santan yang warna lebih oranye dibanding dengan celimpungan yang kuning seperti kare. Bila orang Palembang mengonsumsinya jadi lebih komplet bila memakai tambahan sambal yang pedas ke dalam laksannya, pasti bakal ada rasa sensasi yang memikat untuk dicoba.

Indonesia benar-benar kaya bermacam budaya begitupun dengan olahan kulinerannya. Bila Anda bertandang ke Palembang pasti semakin banyak mendapati makanan memiliki bahan ikan dan sedikit pedas selaku ciri-ciri uniknya. Coba makanan ciri khas Palembang akan bagus sekali dan membahagiakan dalam lengkapi perjalanan Anda di situ.